Sabtu, Desember 10, 2011

Ka Tian dan karyanya

Pesta Sampah , Karya Yustiansyah Lesmana
SINOPSIS PERTUNJUKKAN
Pesta Sampah merupakan pertunjukan eksplorasi yang menafsir pertentangan idealisme nilai-nilai manusia dengan realitas sosial, sebuah visualisasi kebimbangan sikap manusia dalam putaran arus globalisasi. Tokoh Pulung merupakan idiomatik dari manusia yang tidak lagi termanusiakan. Pulung merupakan tokoh pemulung, ia memiliki kegelisahan moral yang teramat sangat, sementara teman-temannya merupakan tokoh pragmatis dalam menjalani kehidupan. Pulung telah meyakini bahwa suatu saat, mutiara hidup akan datang menghampirinya. Namun semua teman-temannya telah membunuh keyakinan Pulung, mereka pergi meninggalkan keyakinan Pulung. Pulung goyah, dilematis meremas-remas nuraninya. Ia menjadi asing dengan keyakinannya. Sepi dan semakin larut pada keputus-asaan. Keyakinan hanya fatamorgana penuh halusinasi dan mimpi. Kini Pulung terjebak dalam garis pragmatisme hidup, ia pun larut dalam pusaran liar keinginan materi, Sementara dilematisasi semakin menjadi, Pulung terkonfrontasi dengan nuraninya sendiri, saat ini, bagaimana siasat Pulung mendamaikan kembali mimpi dan keyakinannya.
Standing applause membahana di gedung teater Salihara, Pasar Minggu malem itu, gue juga salah satu dari ratusan orang disana yang memberikan apresiasi yang besar untuk penampilan teater Ghanta ini, dan Pesta Sampah yang merupakan salah satu dari rangkaian Festival Teater Jakarta ini disutradai dan ditulis naskah oleh ka Tian, kaka yang selalu memberikan support buat adiknya ini, tapi sayang adiknya ini  belum banyak memperlihatkan karya yang membanggakan..hehe. it's so nice to be there ..
Terimakasih ka sudah mengundang dan sudah sangat repot-repot menyambut aku disana saat kamu menerima banyak tamu penting, terimakasih sejak dulu aku selalu menjadi penting di bagian hidup kamu ka. :))
Sejujurnya, apa yang dia lakukan selalu menjadi motivasi buat gue untuk terus melakukan hal-hal berguna dalam hidup ini. untuk melakukan hal yang sekiranya dapat membuat orang-orang di sekeliling kita bangga dan ikut merasa berguna..
Oiya, kemaren sore, sekitar jam 5 dari Sentul ditemenin ma Rozy, makasiiih ya jiii udah repot-repot naik motor, trans, angkot, kereta, angkot lagi, kereta lagi, taksi dan motor,, sampe sentul jam 11.30. :)).
Cukup sedih juga, karena saat harus meninggalkan ruang teater itu, Ka Tian sedang berbicara dihadapan audiens untuk melakukan bincang-bincang seputar pesta sampah yang juga menghadirkan pengamat teater dari Bandung. Jadi inget dulu, waktu masih di Cianjur, seperti sekarang k Tian selalu ngasih tiket gratis kalo tampil di Gedung Kesenian Cianjur dan sehabis pentas (dulu masih pemain, sekarang sutradara atau pemain) selalu melambaikan tangan ke gue menandakan tanda terimakasih dan senang sudah datang,,dan sekarang semua memori di masa-masa itu muncul.. kaka yang selalu mengatakan aku yang terbaik, kaka yang selalu memberikan support, memberikan hadiah-hadiah (i still save your gift ka), memahami dan berdiskusi tentang cara hidup manusia yang kadang berbeda tapi sesungguhnya memiliki tujuan hidup yang sama, kaka yang pernah memberikan teori konsep dasar persepsi-konflik-proses-akomodasi-tujuan sejak dini yang bahkan aku belum mengerti kala itu, tapi pada akhirnya mengerti juga seiring bertumbuhnya usia :), kaka yang pacar-pacarnya selalu curhat sama aku, hehe, kaka yang selalu memberikan tepuk tangan paling keras jika aku menaiki panggung di masa kenaikan kelas..kaka yang memberikan bunga edelweiss sehabis mendaki gunung, kaka yang tak pernah lupa hari ulang tahun adiknya sejak tahun 2002 hingga saat ini , kaka yang selalu menyayangi,  ,,and i think , i'm going to cry now..

and tadi malem gue ingin juga melambaikan tangan, tapi sungguh rasanya sekarang sudah banyak orang yang harus dia lambaikan tangannya, hehe.., tapi sebelum acara dimulai, sempet diminta untuk memberikan testimoni tentang teater ini oleh panitia, mudah-mudahan ka Tian liat testimoninya,, :)), eh ka ada bagian yang aku kurang suka, yaitu gaya tariannya, hehe, tapi ya mungkin itu juga bagian realitas sosial kita ..
Two Thumbs up buat kakakku, semoga kedepannya semakin baik dan semakin mengambil banyak hikmah dari setiap pertujukan dan semoga hidupmu selalu dibimbing oleh yang maha kuasa,, you are the best !!

12 komentar:

  1. Nice Story..
    jadi pngen punya kaka juga...:(
    hahaha

    BalasHapus
  2. meskipun bukan kaka kandung, but it's very nice, mangkenyeee jadi kaka yg baik donk san :p hehe

    BalasHapus
  3. terimakasih shem....atas apresiasi dan masukannya. pasti aku catat. ehm....kita memang bukan keluarga, tapi kita harus seperti keluarga

    BalasHapus
  4. eh, ka Tian, ah ini bukan masukan , cuma nulis biasa aja.. ya, pastinya.. :))..

    BalasHapus
  5. ia, teater bkinan ka tian keren abis. buat semi sma ka tian. truslah berkreasi!

    BalasHapus
  6. Amien Roziii.. mari kita sama-sama berkarya :* :*

    BalasHapus
  7. Mau jadii kk yg baik sulit bwt sandi tuh..soalnya selalu dibilang ga adil..tau ga bhwa adik kndung sandi pernah sakit hati n cemburu..gara2 sandi lebih memperhatikan adik angkt(kelas)..hmm

    untung dia cm curhat di dairy nya,,ga bilank ke ibu..klo ibu sandi tau...bisa2 sandi digantung kyaknya..:(

    BalasHapus
  8. ini comment apa curhat san??
    padahal bagusan digantung aja tuh , :p

    BalasHapus
  9. Iya maaph klo jdii curhat gni..soalnya sandi bingung mau numpahin dmnana...hee..

    Enak jha.. :P
    berapa bnyak org yg bkal merasa kehilangan klo sandi digntung...hahay

    Udahlah..yg penting skrg sandi sudah bisa lebih adil..dah bisa memprioritaskan kbutuhan adik sndiri terlebih dhulu sblum kepada adik-adikan..hmm

    BalasHapus
  10. udah biasa kalo sandi curhat mah,, hahaha.

    BalasHapus