Rabu, Januari 26, 2011

Sandiaga S Uno

Selasa (17/01/11) ada sebuah inspirasi baru dibenak saya tentang dunia kewirausahaan atau lebih tepatnya entrepreneurship. Pagi itu Aula di kampus diramaikan oleh kunjungan seorang pengusaha muda, menurut hitung-hitungan Forbes Magazine dia orang terkaya nomor 23 di Indonesia, Sandiaga S. Uno.
kesan pertama, hmm..simple, low profile saat dia mengembangkan senyum pada kami semua dan melambaikan tangan juga mengucapkan salam.
mengenakan batik, dan melenggang hormat beriringan dengan rektor kami DR M. Syafi'ie Antonio. Phd.
tentu kunjungannya ini tak lain dan tiada bukan yaitu untuk membahas iklim wirausaha/entrepreneurship di Indonesia.
Beruntung, Pak Sandi (begitu biasa ia disapa) ikut memimpin pembacaan corporate value STEI TAZKIA dan juga dengan tepat menghafal satu persatu butirnya. Tak heran, itu cuma contoh kecil saja kecerdasan beliau, karena pada masa kuliah di Wichita State University, berhasil meraih gelar summa cum laude, dan indeks prestasi 4,00 ketika meraih gelar master di Washington University. itu sesungguhnya yang membuat saya penasaran, secara tidak langsung bisnis Re-Capital yang selama ini dijalankan tentu atas topangan kecerdasan akademik yang dia miliki. jarang sekali ini terjadi, terutama untuk tokoh Bob Sadino yang mengaku tak perlu sekolah tinggi untuk mencapai keberhasilan bisnis. Maka figur enterpreneur muda masa kini itu bisa saya mulai dari Sandiaga Uno yang mengintegrasikan semua nilai-nilai kebaikan dalam titik pandang, falsafah dan keyakinan agama yang saya anut. Beliau seorang yang humanis, religius, cerdas dan antusias.
Pengusaha yang sangat concern dengan tagline Indonesia Setara ini melihat, permasalahan rendahnya kuantitas maupun kualitas enterpreneur di indonesia ini berawal dari kultur masyarakat yang tidak mendukung kegiatan usaha yang akan mendukung penciptaan lapangan kerja. Bahkan beliau mengaku, putrinya Amira ditegur oleh gurunya supaya tidak usah berjualan di sekolah karena akan malu-maluin orang tuanya yang seorang pengusaha besar, FYI, amira membuat accesories seperti gelang untuk dijual kepada teman-temannya. maka budaya seperti inilah yang sesungguhnya menjadi boomerang. berjualan itu dianggap tidak terhormat atau bahkan dianggap serendah-rendahnya pekerjaan. it's absolutely wrong!!!

Pengusaha yang memulai karirnya sebagai petinggi di bank swasta di USA ini di PHK karena keuangan negara collaps. merintis karir sebagai pengusaha dari nol dengan mendirikan sebuah kantor konsultan keuangan yag sederhana, dan tak pernah bertemu klien di kantor. berkat usaha yang gigih dan dorongan keluarga kini Pak Sandi membawahi puluhan perusahaan dibawah re-capital, diantaranya Adaro energy, sebuah perusahaan batubara terbesar ke-2 di dunia.
Pak Sandi juga sangat antusias menjawab pertanyaa-pertanyaan mahasiwa. Beliau menyarankan untuk mahasiswa agar bisa menciptakan usaha selepas kuliah, bukan mencari kerja di perusahaan.

Jika bicara angka, maka akan terbaca siapa yang unggul dan tidak, tapi pagi itu point yang saya dapatkan adalah kerja keras, bersyukur dan menciptakan lapangan kerja sebagai sebuah amal sholeh. so, Sandiaga S. Uno is awesome and very recomended to imitated on it.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar